About "Daily Planet & Sindy"

Monday, June 10, 2019

CARA MEMBUAT PASPOR - PER APRIL 2019

Kalau buat paspor yang dulu-dulu, harus datang subuh ke kantor imigrasi, antri dari depan pagar sebelum pagar kantor imigrasi dibuka, kemudian antri lagi didepan pintu kantor untuk di cek berkas-berkas sebelum kemudian masuk kedalam kantor imigrasi.

Kalo sekarang ngga, ambil nomor antrian dan pilih hari kedatangan itu lewat online.

Bulan yang lalu coba download aplikasinya di handphone, tapi sepertinya ribet pake hp dan kata temen suka ngga berhasil gitu, kembali ke halaman sebelumnya melulu pas dia submit. Akhirnya gua baca-baca review, gua memutuskan untuk daftar lewat website https://antrian.imigrasi.go.id/ .

Beberapa teman yang urus paspor belakangan ini, ngga pernah dapet di Bandung, selalu langsung full, padahal login pas jam 2an di jumat siang (di refresh quota mereka itu tiap hari Jumat siang jam 2 untuk quota 1 minggu setelahnya). Jadilah ada yang ke Cirebon sampe ke Garut.
Gua coba juga Bandung, bener, udah full. Jadi gua cari Jakarta, dapet di Jakarta Selatan. Otomatis harus cuti 1 hari.

Kalo mau urus di Jakarta, jangan lupa cek plat mobil ya, untuk sesuaikan dengan tanggal ganjil-genap.

Kemaren kami perpanjang passport, gampang banget:
1. Fotocopy 1x passport lama yang ada foto sama lembar belakangnya yang ada isian itu.
2. Fotocopy 1x KTP
That's it!

Untuk anak yang buat baru:
1. Fotocopy 1x masing-masing KTP Ibu & Ayah
2. Fotocopy 1x kartu keluarga
3. Fotocopy 1x akta kelahiran
4. Fotocopy 1x buku / surat nikah orang tua

Jangan lupa BAWA ASLI nya juga, karena akan diperiksa.

Soal ukuran kertas, kemaren gua copy di kertas ukuran A4.

Untuk anak, (in our case) KEDUA ORANG TUA HARUS hadir.

Passport akan selesai seharusnya 3 hari kerja, tapi punya kami yang di Jakarta itu selesai 5 hari kerja.

Pengambilan passport bisa diwakilkan oleh anggota keluarga yang ada di Kartu Keluarga yang sama.

Jika diambilkan oleh orang lain, maka harus ada surat kuasa diatas meterai.

Jangan lupa bawa bukti trasfer saat pengambilan passport.

Nah, jadi udah jadilah passport kami bertiga.  Selama pengurusan itu, kami berusaha urus cepat juga akta dan KK baru untuk Sherry (yepp.. nembak. Ngga punya waktu ngantri...). Akhirnya jadi juga.

Setiap jumat siang gua udah pasang alarm dulu sebelum jam 2, dan jam 2 pas gua udah masuk di website antri passport.  Website down. Sampe sore. Minggu depannya coba lagi, udah full.
Minggu ketiga gua bener-bener jam 2:01 login, dan untunggg dapet di Bandung untuk hari Jumat pagi minggu depannya. Puji Tuhan!

Jadi selama ini memang awalnya mau pergi (ada undangan nikahan temen) cuma berdua sama suami, anak-anak ngga ikut.  Akhirnya mikir yang abang harus dibawa, karena dia udah ngerti, kami pulang malam dari Bandung aja udah nelfon melulu, dan doi suka nyariin kami kalo mau tidur.  Anak yang kecil masih sekitar 1.5 tahun, lagi lincah-lincahnya, yang istilahnya udah ngerti ngga ngerti. Udah ada maunya, mau jalan kesana, ngga mau tidur, and so on.. Mikirin pegangin doi ke Jakarta selama perjalanan, wedew.. ke Bandung aja dia naik turun di mobil, dan minta-minta mau ke Bapaknya yang lagi nyetir.. hehehe... trus takutnya di negara tujuan itu jalan daratnya lama banget, trus harus naik kendaraan umum.. apakabar si dede kan..

Somehow gua tetap berusaha kalo Sherry juga harus urus passport, just in case.

Akhirnya kami batal ke tempat tujuan pertama, karena suami ngga tega juga ninggalin anak dua ini.. gua juga jadi galau.. karena ngga mungkin pergi cuma 3 hari, pergi pulang itu udah makan 2 hari karena harus ke airport Jakarta dulu kan.. dan kalo pergi ber-4, selain pertimbangan di atas tadi, kami ada eyeing on another destination, yang kalo gua hitung-hitung, tiket doang untuk kami ber-4 ke tujuan pertama itu sama dengan tiket + hotel + masuk theme park + makan + perjalanan darat (kurang lebih), plusss tujuan kedua itu flightnya dari Bandung sodarah! Ngga perlu jauh-jauh ke Jakarta! Yeayy!!
 Ya semoga jadi yah.. hahaha.. udah posting begini, tau-taunya cuma liburan ke Jakarta lagi.. 🙈😂.